merubah ps2 optick ke hardisk external tanpa menggunakan modchip

Sebenarnya atikel ini adalah penyatuan dari beberapa artikel saya tentang ps2 , bila sobat cermati di blog ini sobat sudah bisa membuat ps2 optick ke hardisk external tanpa harus memasang modchip matrix
pada ps2 sobat
ps2
Untuk tips dan cara pemasangan nya sobat bisa membaca dan memahami coretan saya dibawah ini , saya  mencoba untuk tidak membuat kepala sobat menjadi mumet setelah membaca dan mepraktekan artikel ini pada ps2 sobat alat-alat yang sobat perlukan dalam merubah ps2 optik ke hardisk external

1.Ps2 yang masih memiliki optick mutlak dalam tutorial ini , dan bila ps2 sobat opticknya sudak mati (keok) maka artikel ini tidak ada sangkut pautnya dengan ps2 sobat

2.Hardisk external : formatlah terlebih dahulu ke fat32 secara defaul hardisk external memiliki format hdd NTFS yang tidak akan terbaca oleh ps2 sobat maka dari itu formatlah ke FAT32 terlebih dahulu dengan bantuan software formatter hardisk , untuk langsung format dengan pc atau laptop sobat  saya menganjurkan sobat menggunakan software fat32 yang saya sediakan di bawah postingan ini software ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan mudah di gunakan ,mesikipun ukurannya hanya 30kb ,jangan anggap remeh software fat32 yang bisa menformat hardisk yang mempunyai kapasitas 160gb download di sini

3.Software pendukung ps2 , open ps2 loader dan free mc boot yang harus sobat persiapan terlebih dahulu


Langkah langkah dalam pembuatan nya adalah sebagai berikut yang engaja saya pisah dengan tujuan bisa lebih di mengerti dan tidak membinggunkan dalam penerapan artikel link pada ps2 sobat

TAHAP 1 :Ulaunch
ulaunch fungsinya sebagai Alat untuk mengatur fail fail di dalam hardisk maupun memory card pada
ps2 sobat ulaunch  juga berfungsi  sebagai alat untuk menginstall free mc boot nah  bila sobat belum memiliki atau membuat cd ulaunch sobat bisa membaca artikel saya yang berjudul cara membuat cd ulaunch pada ps2 yang masih optick ulaunch untuk membuatnya

TAHAP 2: Free Mc Boot
Yang berfungsi sebagai media booting ke hardisk external sobat dan biasanya di sebut mc booting yang bisa sobat baca pada artikel cara membuat mc booting ps2

TAHAP 3: Open Ps2 Loader
Berfungsi sebagai media memainkan atau pembaca daftar game dari hardisk external sobat , Menampilkan open ps2 loader dalam menu free mc boot   agar nantinya pengaturan atau cara main game dari ps2 sobat lebih mudah untuk anda maupun untuk gamer usia muda yang bisa sobat baca pada artikel saya cara menampilkan open ps2 loader pada menu free mc boot

TAHAP 4: Menggisi game 
Bila sobat sudah mengikuti artikel tahap 1 | 2 | 3 dan tahap 4 ini adalah cara isi game untuk ps2 sobat semua  agar nantinya hardisk external sobat tidak kosong ataupun belum ada game yang bisa sobat baca pada artikel saya  cara isi game ps2 dari cd atau dvd ke hardisk external

Itulah langkah langkah merubah ps2 optick ke hardisk external dari pengalaman generasimumet, disini saya bukan master ps2 atau orang yang ahli dalam bidang ps2 tetapi saya mencoba membagi pengalaman atau pengetahuan yang mungkin akan berguna dan bermanfaat bagi sobat sobat semua

Untuk sofware pendukung hardisk sobat bisa mendownload nya pada setiap link artikel di atas , atau bisa mendownloadnya di sini open ps2 loaderfree mc boot | ulaunch

Nb: bila sobat-sobat mengalami masalah dalam pembuatan atau merubah ps2 optick ke hardisk external tanpa harus menggunakan chip matrix (modbo) silahkan berkomentar

Postingan terkait:

22 Tanggapan untuk "merubah ps2 optick ke hardisk external tanpa menggunakan modchip"

  1. untuk ps slim scph 9004cb dengan bios v230 bisa g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ps2 seri 900xx tidak bisa, bila sobat ingin memainkan game melalui hardisk external harus terlebih dahulu memasang chip matrix , dan trimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Yang bisa PS2 Slim type apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seri di bawah 9xx kang moch ..biasanya seri 7 terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  3. ane udah burning ulaunchnya tp ga da stupun yg ke baca kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir kali saya burning nuga gagal sobat, tapi seingat saya caranya memang seperti yang saya jelaskan, maaf baru bisa on blog lagi

      Delete
  4. mf gan mw naya,,saya mempuyai ps2 tebal tp seri ya lupa..dan ini ps optik nya rusak,,klo saya ikutin petunjuk di atas,,apakah bisa langsung booting usb tanpa merubah atau menambah komponen ps nya,,,?mohon info ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa sobat, bila optick ps 2 sobat sudah rusak harus mengunakan modchip matrix, trimakasih sudah berkunjung

      Delete
  5. Gan... PS2 ane sudah seri 9 dan sudah pakai modchip Matrix... Tapi kenapa yah ga bisa baca HDD external ane. Oya infonya HDD external ane pake WD yg 250Gig 3,5in, ditaro di docking Nexstar (bekas dari PC), udah ane format FAT32, Primary Partition. Kalo ane cobain pake FlashDisc kebaca Loader-nya tapi ga nongol game2nya... Tolong donk step by step settingannya... Thanks yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah sobat sepertinya saya juga kurang mengerti, perlu di katahui sobat artikel berdasarkan pengalaman pribadi, maaf saya bukan master tetapi hanya ingin berbagi saja, trimasih sudah mampir

      Delete
  6. Kayaknya Harus Bootable Dulu.

    Coba Pake USBExtreme.

    ReplyDelete
  7. nyimak aja gan,, artikel yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan sobat, hanya berbagi pengalaman saja, trimakasih sudah berkunjung

      Delete
  8. Berarti ps2 slim bisa di pakein hardisk external yaa???

    jd nggak pakai kaset lagi gitu bang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sobat,kalau masalah memakai kaset atau cd terserah sobat, bisa ko mengunakan secara langsung optick dan hardisk, asal ps2 opticnya masih bisa, trimakasih sudah berkunjung

      Delete
  9. artikelnya menarik dan berguna thanks for your experience, tapi minusnya kebanyakan link step by step nya, kalo di tulis satu halaman lebih bagus dan lebih tertata dan teratur tutor nya,, jadi kemungkinan kegagalannya bisa berkurang,,, hehehhe,,, pusing bolak balik baca tutornya,,, sorry ye min

    tapi bagus artikelnya,, keren ane aja belum tentu bisa bikin beginian tappi alangkah bagusnya di jadikan satu halaman langkah2 tutornya,, thanks large min,,,

    pisss,,,, v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih atas masukannya sobat, memang dari awal saya mencoba membuat dengan 1 artikel dan menurut saya terlalu panjang dan lebih sulit untuk di pahami

      Delete
  10. Gan,,kalau ps2 seri 7 yg tidak menggunakan chip matrix di instal dangan cara ini,apakah selanjutnya ps2 sudah tak perlu lagi menggunakan optik,atau harus pancing terus pake optik?
    kalau tak perlu pake optik,jadi instal mcboot bisa di ps2 yg optik masi berfungsi baik kan gan?
    tapi kalau harus pake optik untuk pancingan,,yah harus pake chip atau optik haruslah berfungsi baik
    Mohon di bagi pengalamannya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memainkan game setelah di install free mc boot bisa mengunakan optick (main kaset) dan bisa juga mengunakan hardisk external

      Untuk install diharuskan ps2 yang mau di pasang free mc boot opticknya masih berfungsi

      Trimakasih sudah berkunjung

      Delete
  11. Mau nanya gan saya punya ps2 slim seri 7 terus optik nya rusak, kalo saya mau ganti ke hardisk harus gimana gan?

    ReplyDelete
  12. kosa katanya diperbaiki gan. saya bingung pertama bacanya :v

    ReplyDelete

Tata cara berkomentar
1.berkomentarlah sesuai topik
2.perlu sobat ketahui bahwa link aktif akan kami hapus
3.pengguna tanpa id bisa berkomentar

Terimakasih telah berkomentar